Language

Kamis, 09 Agustus 2012

Kisah Seorang Seniman/Seribu Cerita Seribu Kata Bijak/Mawar

,,,




Kisah Seorang Seniman

Museum seni yang biasanya sepi, hari itu terlihat begitu ramai terlihat ribuan pengunjung dari berbagai penjuru memadati gedung tersebut. Sebuah pameran karya-karya dari para seniman terkenal membuat mereka tertarik untk datang dan menyaksikan keindahanya secara langsung.

Berbagai jenis karya seni terpajang dengan rapi dan terlihat begitu indah, namun ada salah satu yang terlihat begitu menarik perhatian para pengunjung. Sebuah patung batu dengan guratan dan lekukan beserta ukiran yang begitu rapi. Membuat imajinasi yang tinggi bagi setiap orang yang melihatnya. Rasa penasaran yang menghinggapi akan siapa yang membuatnya berubah menjadi pertanyaan yang keluar dari bibir setiap orang. Setelah beberapa saat berlalu, datanglah si pembuat patung tersebut mencoba untuk memuaskan dahaga para pengunjung pameran.

“permisi para pengunjung yang kami hormati, saya yang membuat patung tersbut adakah sekiranya yang bisa saya bantu?”

“ya kami penasaran siapa yang membuat batu tersebut, sehingga berubah menjadi sebuah patung dan terlihat begitu indah?bagaimana anda mebuatnya?”

Si pembuat patung hanya menjawab beberapa patah kata.

“saya hanya memolesnya dan berusaha mengeluarkan keindahan batu tersebut, sesungguhnya keindahan dan kebaikan telah dia miliki sejak dia diciptakan sebagai batu”

Para pengunjung hanya terdiam sembari menganggukan kepala meraka mendengar pernyataan dari sang seniman.

Setelah merasa cukup menikamati keindahan patung tersebut, para pengunjung kembali melanjutkan ke rungan berikutnya. Kembali terlihat sebuah patung dengan dan disitu dijelaskan bahwa patung tersebut terbuat dari batu yang sama dan pembuatnya adalah orang yang sama dengan patung yang pertama mereka lihat begitu indah. Akan tetapi untuk kali ini patung tersebut berwujud sangat buruk dan menyeramkan. Kembali patung tersebut mengundang rasa penasaran para pengunjung dan membuat mereka kembali bertanya.

“bolehkah saya bertanya lagi kepada anda, kenapa untuk patung yang ini anda buat begitu buruk rupa sehingga terlihat begitu menyeramkan?”

Sang seniman tersenyum sembari mengeluarkan pernyataan yang hampir sama seperti sebelumnya.

“saya kira jawaban saya masih sama, saya hanya memolesnya dan berusaha mengeluarkan keburukan dari batu tersebut, sesungguhnya keburukanya telah dia miliki sejak dia diciptakan sebagai batu”

Dengan jawaban yang hampir sama, para pengunjung hanya terdiam dan memikirkan apa gerangan maksud si seniman tersebut. Meskipun masih di benaki berbagai pertanyaan namun Kembali mereka melanjutkan jelajah mereka eakan tidak mau ketinggalan untuk menyaksikan beberapa pameran seni dari runag ke ruang. Untuk ke tiga kalinya kemabali mereka dikejutkan dengan patung dengan pemuat dan bahann yang sama untuk patung tersebut. Rasa terkejut dan penasaran akan seni yang di tunjukan semakin besar setelah mereka melihat patung yang ke tiga. Patung tersebut kini menunjukan dua sisi dengan satu sisinya dibuat sangat indah dan satu sisinya lagi dibuat dengan sangat buruk. ada apa gerangan maksud dari pesan si seniman kenapa sekarang dia membuat satu patung dengan dua sisi yang berbeda.

“sekarang apakah bisa anda menjelaskan untuk patung tersebut? Salah satu pengunjung bertanya kepada si pembuat paatung.

Semua pengunjung yang ada semakin dibuat penasaran, karena bukan jawaban yang keluar dari sang seniman akan tetapi justru malah dia meneteskan air matanya setelah beberapa saat terdiam melihat patung hasil karyanya.

“Kenapa engkau begitu sedih dengan pertanyaan kami???apakah kami telah menyakiti hatimu??”

“tidak…anda semua tidak ada yang telah menyakiti hati saya, saya hanya bersedih karena saya bisa mengatur dan mengendalikan keburukan dan kebaikan batu tersebut untuk di keluarkan, tetapi saya tidak  bisa mengendalikan diri saya sendiri” “untuk jawaban pertanyaan yang anda maskud sebenarnya merupakan jawaban gabungan dari dua patung sebelumnya, seseungguhnya keindahan dan keburukan telah dia bawa sejak batu tersebut di ciptakan, tinggal bagaimana kita memolesnya, mengendalikanya sisi mana yang hendak kita pakai”.


Download lagu NOAH/Nama Baru Peterpan,

Download RPP PKn SMP,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar